11 Februari 2009

Liburan ke Jogja dan Bandung kota Kembang

Asyiknya liburan bersama teman

Sabtu 30 Januari 2009 adalah hari pertama aku dalam sejarah hidupku liburan keliling jawa. Siang hari itu aku bersama temanku Fathul Qorib sedang menunggu kereta jurusan jogjakarta. Setelah beberapa menit kereta tersebut akhirnya datang juga. Kami langsung mencari tempat duduk di kereta api agar kita nanti dapat santai dan beristirahat tanpa harus berdiri di lorong-lorong gerbang kereta api yang sesak penuh dengan pengamen dan penjual jajanan. Akhirnya kereta api lempuyangan menuju jogja berangkat. Perjalanan diperkirakan 9 jam dan tiba di jogja jam 9 malam. Sebenarnya rencana kita ingin berangkat ke kota kembang dulu, tetapi jadwal menuju Bandung berangkat jam 7 pagi. Akhirnya kita memilih berangkat ke Jogja dulu jam 2 siang.
Di dalam kereta kita banyak ngobrol tentang apa yang kita rencanakan di Jogja kota kraton dan kita nanti mau nginap dimana setelah sampai di sana. Kita sepakat akan jalan-jalan di alun-alun jogja dan Malioboro. Baru pertama kali ini aku naik kereta api dalam perjalanan jauh. Ternyata capek juga duduk d sofa kereta api yang empuk itu. Akhirnya setelah 9 jam keretapun sampai di stasiun Lempuyangan Jogjakarta. Malam itupun kita mencari tempat menginap yaitu masjid di dekat stasiun tadi. Besok paginya aku baru mencari alamat maz Ayu Yuaris temen aku dulu dalam dunia maya alias kenal lewat chating dan kita juga sebelumnya sudah pernah bertemu di Bojonegoro. Ternyata maz Ayub orangnya mandiri banget sudah berani buka usaha sendiri dengan modal dia kuliah di Jogja. Setelah beberapa jam keliling untuk mencari alamat maz Ayub akhirnya sampai juga di rumahnya. Ternyata di rumah kontrakan maz Ayub, dia buka Jasa pemesanan seperti kartu nama, kaos, pin, undangan, gantungan kunci dan lain lain. Aku salut ma perjuangan maz Ayub yang dulu pernah cerita masa masa susahnya waktu kuliah di Jogja. Di jogja katanya penuh dengan tantangan. Jika kita tidak bisa mengambil sedikit peluang disana maka jangan harap kita bisa sukses.

Malioboro Jogjakarta

Esok harinya aku pamit dengan maz Ayub untuk melanjutkan perjalanan ke Bandung. Tapi sebelum berangkat ke Bandung kita berpetualang mengelilingi kota Jogja dengan naik bus mini namanya Trans Jogja. Kemudian kita ke pantai Parangtritis di daerah Selatan atau daerah pantai Selatan. Setelah sampai di sana pemandangannya bagus juga. Ombaknya meliuk-meliuk di atas permukaan air laut seperti Ronaldo menggring bolanya diatas lapangan sepakbola. Kami sempat mampir untuk istirahat di gubuk yang ada di pinggir pantai Parangtritis. Eh, gak taunya itu disewakan, terpaksa kita bayar. Emang di daerah pariwisata gak ada yang namanya gratis ya...!!! Setelah puas melihat keindahan pantai Parangtritis yang dipenuhi dengan pengunjung dan kebanyakan pasangan atau dua sedjoli yang sedang dimabuk cinta. Kapan-kapan gue kalau udah ada yang punya pasti bakalan aku bawa kesana,he...3x! Kita kembali pulang dan menuju ke stasiun kereta untuk menunggu kereta api menuju Bandung. Keretapun datang pukul 20.00 yang sudah penuh terisi penumpang. Berangkatlah kereta menuju kota Kembang.
Kereta api singgah di stasiun Cimindi kota Cimahi. Ternyata di Bandung kotanya ramai juga ya! aku tidak pernah membayangkan kalau bakal sampai ke kota Kembang ini. Akupun menuju rumah Bulek Iim di kampung Cipatat. Akhirnya sampai juga disana dengan rasa penasaran yang luar biasa. Kami istirahat dua hari disana. Kita sempat mencoba mendaki gunung yang ada di dekat kampung Cipatat. Aku masih ingat dulu waktu pramuka di zaman SMP. Ternyata capek juga ya manjat gunung. Setelah itu aku pamit pulang ke Ngawi. Tapi aku sempatkan mampir ke kampus ITB dimana temanku kuliah di sana. Namanya Bayu Dharmawan dan Reza Yudha. Mereka adalah putra daerah kota minya bojonegoro. Mudah-mudaha aku juga dapat cipratan kepintaran mereka, he...3x!!! Kami sempatkan istirahat di kos teman aku. Ternyata setelah aku mleihat kota Bandung, ceweknya cantik-cantik lho, putih-putih lagi. Kapan ya punya cewek orang Sunda...ha..ha..ha..!! ngimpi kali....!! Akhirnya kita menuju stasiun Kiara Condong untuk perjalanan pulang ke Ngawi rumah nenek aku. Kami semapt berkenalan dengan mbak tri orang Kuterjo Purwerejo. Kita ngobrol banyak tentang daerah kita. Akhirnya kereta datang dan kita melanjutkan petualang kita liburan semsester ganjil yang lumayan lama. Aku kira setelah masuk kereta kita tidak dapat tempat duduk. Setelah kita cari no duduk kita akhirnya dapat juga. Waduh senengya duduk di pinggir cewek cantik yang katanya dia anak Jogja Klaten. Dia jilbaban lho. Aku dulu gak sempat tanya namanya, soalnya kita asyik ngobrol di atas kereta api. Anaknya baik hati dan perhatian lho. Seneng banget bisa berkenalan dengan dia.
Akhirnya kereta api sampai di Walikukun Ngawi pukul 08.oo pagi. Setelah sampai kita langsung melanjutkan perjalanan menuju Sidowaya rumah nenek aku. Aku dijemput Paman aku di sidowayah. Malam harinya aku pijat di rumah Bulek Tri karena perjalanan yang melelahkan sehingga semua rusuk tulangku sakit semua seperti habis digebukin. Esok harinya aku ke rumah nenek. Eh ternyata Yuli temen semasa kecilku ketika aku liburan ke rumah simbah di Ngawi. Aku mampir ke rumahnya. Ternyata penampilannya sekarang sedikit berubah. Dulu dia waktu SMA orangnya tinggi putih dan cantik. Dulu aku sempat suka sama dia. Sekarang Yuli orangnya agak gemuk dikit dan pipinya tembem...jadi lucu liatnya! Esok harinya aku puang ke Bojonegoro rumahku tercinta. Akhirnnya perjalanan liburan bersama teman mengasyikkan juga...!!! Sampai ketemu di liburan-liburan berikutnya ...by....!!!! ^_^